Kamis, 07 Oktober 2010

MERANGKAI KUNCI KONTAK

Mobil keluaran tahun 80an atau sebelumnya terkadang rangkaian system kelistrikannya sudah tidak standar lagi,bahkan kadang sudah tidak layak. Hal ini terjadi karena ketika terjadi kerusakan pada system, mekanik hanya sekedar mencari cepatnya saja,tidak mau mencari sumber kerusakan sebetulnya tapi sekedar mencari kabel yang berisi arus lantas di rangkai begitu saja dengan beban yang bermasalah tadi. Akibatnya komplek: kabel amburadul, beban aki terlalu berat, aki boros, yang paling parah terjadi konsleting/hubungan pendek & rangkaian terbakar.atau seringanringannya sekring(fuse) boros.
Hal yang perlu kita ketahui sebetulnya simple, bahwa beban “hidup” pada saat dibutuhkan, itu artinya kita butuh pemutus arus & untuk mengamankanya kita butuh sekring(fuse).
Pada rangkaian system kelistrikan mobil(Teori:Wirring), komponen pemutus arus terdiri dari saklar kombinasi dan kunci kontak. Pada kesempatan ini akan kita bahas bagaimana rangkaian kunci kontak.

Cover kunci kontak
Pada umumnya tertulis : LOCK,OFF,ACC,ON,START

Arus kunci kontak
Sebelum kita bahas aliran arus kunci kontak, ada pentingnya perlu diketahui bahwa ada beberapa komponen kelistrikan yang sumber kontaknya dari kunci kontak, tapi ada juga yang sumber kontaknya langsung dari baterai tanpa melewati kunci kontak.
Yang melewati kunci kontak antara lain : ACC(assesoris), IG(IGNITION/ENGINE), STARTER, SEIN, dan lampu MUNDUR.
Sedangkan yang tanpa melewati kunci kontak antara lain : HAZARD, lampu KOTA, lampu KEPALA(jauh dekat), KLAKSON(horn), & lampu REM

Kabel kunci kontak
Umumnya terdiri dari 4 kabel,kalaupun lebih hanya sebagai cadangan, produsen kurang gawean.
Seperti sudah tertulis diatas,digambarkan dalam table berikut :
                   Posisi kontak
Posisi kabel    OFF    ACC   ON   START
BATERAI        _          ѵ        ѵ         ѵ
ASSESORIS    _         ѵ        ѵ         _
IG/KOIL          _         _         ѵ        ѵ
STARTER        _         _        _         ѵ
Keterangan:
v : sambung
_ : tdk sambung

Pada saat LOCK, kunci kontak hanya berfungsi sebagai kunci kemudi,
Pada saat OFF, kemudi bebas, tak ada arus dari kunci kontak,
Pada saat ACC, arus dari kunci kontak hanya mengalir ke seluruh assesoris,
Pada saat ON, arus dari kunci kontak mengalir ke assesoris dan IG/koil
Pada saat START, arus dari kunci kontak mengalir ke IG/koil dan STARTER. Pada saat ini semua assesoris terputus.

PRAKTEK
1. Sediakan multitester untuk mengetes sambungan.
2. Kontak posisikan ACC. Cari dua kabel yang berhubungan.A & B
3. Kontak posisikan ON. Satu kabel terhubung dengan A & B, adalah kabel IG
4. Kontak posisikan START. Satu kabel terhubung dengan IG dan A, adalah kabel starter. Sementara B pada posisi ini sama sekali tidaknyambung. Berarti A ke baterai dan B ke assesoris
5. Selamat mencoba

5 komentar:

  1. Mau tanya dong bos,,,
    Mobil gran max saya kontaknya hilang,,,gimana cara nya biar bisa di hidup kan untuk sementara

    BalasHapus
  2. salah satu kabel kontak panas bahkan klau jlan jauh smpai mgeluarkan asap lalu mati...kabel yg panas tdi kebakar lalu putus dri kontak...dsambung lgi hidup..nmun klau jlan jauh ya bgitu lgi

    BalasHapus
  3. Bang cara cek kunci kontak sepeda motor pakai multi tester gimana bang ?

    BalasHapus
  4. Bgmna cara sambung langsung kunci kontakx avanza

    BalasHapus
  5. Bagaimana cara pasang kabel kunci kontak Mitsubishi Jetstar dengan mengganti pakai kunci kontak Suzuki carry...?🙏

    BalasHapus